Jangan Takut Berbeda !!!

23.52 Unknown 0 Comments

        Saat menulis ini, saya teringat cerita guru saya waktu di Madrasah Aliyah. Cerita yang sangat inspiratif dan motivatif dan kadang saya ajarkan ke Sahabat Sahabat  kecil saya   maupun di komunitas penulis yang saya rintis bersama teman teman di Pondok. Dikisahkan ada seorang penjual ikan di Tempat Pelelangan Ikan. Di depan penjual tertulis kata DISINI JUAL IKAN SEGAR. sebuah promosi yang luar biasa. Namun suatu hari datanglah pengunjung dan memberi tahu dan mengkritik tulisan yang terpampang besar tersebut. ''mas, semua orang tahu kalau mas jual ikan disini tidak diemperan sana. ngapain masih ditulis kata DI SINI?''. Dengan tersenyum malu si penjual menghapus kata DI SINI. beberapa saat kemudian datanglah orang kedua yang mengungkit kata JUAL yang ada di depan penjual tadi.''mas, ngapain anda menulis kata JUAL padahal semua orang yang lewat disini pasti tahu kalau anda sedang menjual, bukan  menyewakan atau memberikan secara cuma cuma. masa' gak sadar sih...'' dengan tersenyum malu orang itu menghapus juga kata JUAL. hingga saking malunya kata IKAN SEGAR juga dihapus dari stand tempatnya berjualan.
       Cerita diatas memberi secuil pelajaran berharga untuk di kaji. pelajaran untuk tidak selalu menuruti omongan orang lain yang kurang berdasar pada standar penilaian yang bermutu. inilah yang sering mematikan kretifitas kita dalam berbuat lebih baik. seringnya  mendengar opini orang tentang hal yang belum tentu buruk bagi aktifitas  kita haruslah disikapi dengan kearifan. karena seringkali kita tidak nyaman ketika kita merasa berbeda dengan kebanyakan orang.kita merasa jadi makhluq aneh yang seakan ''tidak faham'' pada pola pikir kebanyakan orang. tapi disitulah terukir makna kreatifitas yang dalam yang memiliki  nilai lebih  dari orang lain atau istilah dalam komunikasi  disebut Personal Branding.
         Dengan menampak kekhasan pada diri kita akan kita dapatkan sesuatu yang bisa dibanggakan untuk orang lain. hal inilah juga yang dialami Thomas Alfa Edison ketika di Drop Out kan dari sekolah karena dianggap gila dan bodoh. Namun kreatifitas yang ada dan tekad yang kuat tidak mematikan langkahnya dalam berinovasi sehingga mampu ''menerangi'' gelapnya bumi dengan bola lampu dan dan mampu mempatenkan  kurang lebih 2000 penemuannya. sikap  untuk berbeda  itu juga yang dijalankan Henry Ford untuk mendirikan Ford Motor, Steve Job dengan Apple-nya, Robert T Kiyosaki dengan perusahaan Property terbesar  dan menemukan rumus dahsyat Cashflow Quadrant nya.
       Dalam buku Adversuty Quotient dituliskan bahwa tipe manusia ada 3 golongan. Golongan pertama adalah penakut dengan istilah Quitters.Di grup ini banyak dijumpai orang orang yang bemental pengecut. mereka sering mengeluh dan selalu meminta solusi dari orang yang ada disekelilingnya.sikap malas dan pesimis selalu menyelimuti hari harinya. Golongan kedua adalah Campers atau pekemah. Golongan ini lebih baik sedikit diatas golongam yang pertama. namun kebanyakan orang yang bermukim disini terjebab pada Zona Nyaman(comfort Zone).Ia puas dengan apa yang diraih dan tidak mau meningkatkan kapasitasnya untuk lebih baik. Mereka menikmati Zona ini dengan harapan agar tidak hilang keadaan nyamannya. namun jika mereka sadar, mereka telah membuat lobang yang menganga untuk siap memasukkan dirinya sendiri  pada penyesalan dan kerugian.
        Golongan ketiga adalah Climbers atau Pendaki.Di sinilah dibutuhkan keberanian yang luar biasa untuk meningkatkan kedudukannya pada posisi yang lebih baik. Disini pula dapat kita jumpai orang orang hebat yang mampu menggadaikan kenyamanannya untuk meraih nilai lebih besar.Mereka tidak takut resiko dan segal tantangan yang menghadang didepan mata.Baginya kesulitan adalah bagian dari kenikmatan meraih kesuksesan. Kelompok  pada  tipe ini adalah sikap memberi kepada orang banyak , bukan diberi.Contoh terbesar yang sudah selayaknya  jadi Tauladan bagi umat manusia adalah Nabi Muhammad SAW. Beliaulah revolusioner yang  sejati, Diplomat yang ulung, Pebisnis yang sukses. dan contoh lain yang bisa saya sebutkan disini adalah para sahabat dan ilmuan ilmuan hebat dimuka bumi ini seperti Ibnu Sina, Ibnu Rusyd, Albert Einstein dan pejuang bangsa seperti Mahatma Gandi, Nelson Mandela dan Ir soekarno dan para pahlawan kita.mereka menggadaikan hidup untuk kepentingan bangsa yang sangat mereka cintai.
      Perlunya untuk menjadi berbeda juga berarti menjadikan diri kita lebih termotivasi untuk lebih kreatif dan produktif.maka jangan takut untuk jadi orang yang berbeda. Yakinkan dalam hati kita. Kita bisa merubah yang lebih baik pada diri kita.Tentukan standart positif pada pikiran, emosi dan tindakan kita. Insya Alloh kita bisa.
     salam sukses forum Menulis Kreatif ''Afatar''.

You Might Also Like

0 komentar: